Penyebab Penyakit Liver dan Faktor Risikonya

Tahukah Anda? Beda penyebab beda juga jenis penyakit liver yang di derita. Maka dari itu, tahu apa saja yang menjadi penyebab penyakit liver dan faktor risikonya termasuk penting.

Pengobatan penyakit liver yang diberikan dokter juga berbeda pada masing-masing pasien, tergantung dari penyebabnya.

Penyebab Penyakit Liver

Alkohol merupakan salah satu faktor yang bisa memicu penyakit liver / copyright : VicHealth

Misalnya, penyakit liver kronik ada yang disebabkan oleh alkohol dan non-alkohol. Yang mana penyebab penyakit liver non-alkohol biasanya muncul karena perlemakan liver (fatty liver).

Singkatnya, karena penumpukan lemak yang terjadi pada organ liver atau hati. Penumpukan lemak tersebut bisa dipicu oleh banyak faktor yang salah satunya karena kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

Penyebab Penyakit Liver dan Faktor Risikonya

Lebih lanjut, di bawah ini ada beberapa faktor penyebab penyakit liver lainnya yang ikut mempengaruhi jenis penyakit liver yang Anda derita.

Beberapa kondisi atau faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit liver ini meliputi:

  • Alkohol

Jangan salah. Banyak, lho, kasus penyakit liver yang diakibatkan oleh kebiasaan mengonsumsi alkohol. Memang, kalau sekali dua kali tidak akan berpengaruh. Tapi, kalau mengonsumsinya selama bertahun-tahun bisa mempengaruhi liver Anda, lho.

Alkohol itu racun. Nah, organ liver ini akan bekerja keras untuk mengeluarkan racun tersebut dari dalam darah. Kondisi yang terus berulang bukan tidak mungkin dapat mengakibatkan kerusakan pada liver dan membuat liver kehilangan fungsinya.

Di samping itu, alkohol bersifat toksik untuk sel-sel liver atau hati.

  • Virus

Penyakit liver yang disebabkan oleh virus dikenal dengan nama hepatitis. Hepatitis ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya : Hepatitis A, B, C, D, dan hepatitis E.

Dari beberapa jenis tersebut, hepatitis B dan C yang paling berbahaya. Hepatitis B dan C apabila tidak segera ditangani berpotensi berkembang menjadi sirosis, kanker, sampai dengan menyebabkan gagal hati atau liver.

  • Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi

Beberapa jenis obat resep maupun suplemen yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama juga bisa memicu munculnya penyakit liver. Salah satunya adalah antibiotik. Obat lainnya adalah jenis antiinflamasi nonsteroid (seperti Ibuprofen dan Naproxen) serta obat untuk kejang-kejang.

Di lansir dari laman mediskus.com “sejumlah obat resep yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan kerusakan hati yang cukup parah, bahkan menyebabkan penyakit liver akut”.

  • Faktor genetik atau riwayat

Anda yang memiliki faktor riwayat penyakit liver dalam keluarga juga memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita penyakit ini. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir. Dengan gaya hidup sehat, penyakit liver akibat adanya faktor genetik atau riwayat dalam keluarga bisa di cegah.

Yang Meningkatkan Risiko Seseorang Untuk Terkena Penyakit Liver

Penyebab Penyakit Liver

Hindari kegiatan atau aktivitas berisiko untuk mencegah penyakit liver / copyright : google

Selain faktor di atas, masih ada beberapa pemicu dan penyebab penyakit liver lainnya. Beberapa kondisi maupun aktivitas yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit liver ini meliputi:

  1. Membuat tato
  2. Menggunakan tindik dan atau piercing
  3. Menggunakan jarus suntik bersama dengan orang lain, misalnya dalam penggunaan obat terlarang
  4. Melakukan hubungan seksual dengan banyak partner, apalagi dengan seseorang yang positif menderita penyakit liver tanpa menggunakan pengaman
  5. Terpapar darah maupun cairan tubuh penderita
  6. Menggunakan barang pribadi (sikat gigi, gunting cukur, catut kuku, dan barang lainnya yang berpotensi meninggalkan darah pada benda tersebut) dengan orang lain
  7. Tingginya kadar trigliserida di dalam darah
  8. Mengalami obesitas
  9. Sering terkena paparan bahan kimia tertentu atau racun
  10. Menderita penyakit tertentu, misalnya penyakit diabetes dan penyakit autoimune.

Agar bisa terhindar dari penyakit liver, usahakan untuk Anda menghindari faktor-faktor pemicu dan penyebab penyakit liver di atas.

Jalankan gaya hidup yang sehat, seperti tetap berolahraga minimal 3-4 kali seminggu dengan durasi 30-45 menit setiap harinya, menjaga asupan makanan Anda, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, tidak begadang, istirahat cukup, dan mengelola stres.

Mungkin Anda membutuhkan ini : Obat Liver Herbal

Semoga, informasi yang kami sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Apabila artikel mengenai penyebab penyakit liver ini di rasa bermanfaat untuk Anda, silakan bantu share dengan orang lain.

Salam sehat dan semoga Anda penderita penyakit liver lekas sembuh 🙂

Penyebab Penyakit Liver dan Faktor Risikonya

Leave a Reply